Writing is how I express what I see, what I do, what I read and what I feel.

17.5.23

#SelfExperience : Riding to Paris Van Java (Day 3 - end)

17.5.23 Posted by Agnes Devita , , , No comments

Hari Ketiga di Jawa Barat

A.k.a hari pertama di Bandung. Niatnya pagi pagi pengin jalan-jalan, ternyata badan masih pegal to the max. Jadi kami menghabiskan waktu dari pagi ke sore hanya di rumah. Diisi dengan kegiatan cuci baju, makan, dan tidur. Malam hari kami mulai pergi, tapi yaaa pergi ke dekat dekat rumah saja si.

Kami pergi ke Braga, Alun-Alun Bandung, di sekitaran tempat tersebut. Hanya jalan-jalan kemudian pulang. Hari itu rasanya kami terutama aku masih ingin "mengistirahatkan" badan.






Hari Keempat

Tips dari aku, kalau mau liburan, selalu siapkan ITINERARY. Liburan kali ini hal yang cukup disayangkan, aku nggak secara maksimal menyiapkan itinerary. Padahal biasanya aku well prepared soal ini, supaya hemat waktu. Di hari keempat, aku secara dadakan mencari tempat wisata yang ingin dikunjungi. Bermodal mencari di Tiktok dan google maps, akhirnya kami menuju 2 lokasi.

2 lokasi ini terletak di Bandung Selatan. Yang pertama kami menuju ke Nuansa Riung Gunung, yang terletak di Pangalengan. Ini tuh kebun teh, luas banget. Sepanjang mata memandang saat perjalanan, hamparan kebun teh di kanan dan kiri sangat luas. Disini nggak hanya kebun teh saja, tapi juga ada fasilitas lain seperti kantin, musholla, dan juga ada tempat untuk camping yang sudah disediakan. Sayangnya kemarin aku lupa soal biaya camping itu. Untuk HTM ke Nuansa Riung Gunung, 15.000 per orang dan biaya parkir motor 5.000



Ini pertama kali aku ke kebun teh, masyaAllah indah, adem dan rasanya pengin lama lama disitu. Tapi ya karena keterbatasan waktu, jadi kami menuju ke lokasi kedua.

Sampai di lokasi kedua, kesorean. Pukul 15.30 kami baru sampai disini. Makin sore makin dingin dan kabut mulai turun, sebenernya dari sini aku sudah agak kepikiran pulangnya pasti malam lagi malam lagi :D . Tapiiiiiii buat siapapun yang pengin ke Bandung, tempat ini wajib banget buat didatengin. 

Situ Patenggang, sebuah danau yang di bagian tengahnya ada kapal phinisi yang disulap menjadi restoran serta ada jembatan gantung juga. Please aku lupa HTM kesini berapa, kayaknya kemarin 53.000 untuk dua orang dan termasuk motor deh, hiks sorry banget aku lupa :'))))

Pintu Masuk


Sudah terlanjur kesini, maka harus dimaksimalkan yaaa? Nah, untuk bisa ke "pulau" di tengah itu, harus menyebrang menggunakan perahu dengan biaya 25.000 per orang (bolak-balik). Menurutku harus banget nyebrang, karna vibesnya berasa kayak di film My Heart gitu lohh wkwkwkw. Sejuk dan tenang. 





Btw, jangan lupa beli stroberi di perjalanan pulangnya, ada di pinggir-pinggir jalan, variatif juga sih harganya. Kemarin beli 10.000 an dan ngga expect rasanya bakalan enak dan seger. Apa karna efek lagi di hutan dan hujan ya hehe. Tapi baru kali ini aku sampe lahap makan stroberi, biasanya mah nggak mauuuu xD .

Dah gitu aja hari ini. Dan jelas sampai rumah, malem lagi wkwk.


Hari Kelima 

Menuju hari terakhir di Bandung, rasanya berat buat kembali ke Sidoarjo. Berat karna masih kurang puas liburan di Bandung, dan masih belum siap buat "bertempur" di jalan HAHAHA. Hari kelima bertepatan di hari jumat, jadi aku pengin ke Masjid Al Jabbar. Ternyata nggak jauh dari rumah, cukup 30 menitan saja. 

MasyaAllah, Allahu Akbar. Pas sampai di Masjid Al Jabbar, aku terharu. Masjid ini indah sekali, bahagia banget bisa menginjakkan kaki di Masjid ini. Suasananya rame banget, udah pasti. Banyak rombongan dari berbagai daerah. Berasa kayak di Makkah (padahal belum pernah kesana). 

Oh iya, jangan lupa bawa kresek atau kantong plastik atau tas untuk wadah alas kaki, sebab saat memasuki Masjid Al Jabbar batas sucinya di pelataran masjid. Aku kurang tau ya ada tempat penitipan alas kaki atau nggak, tapi lebih baik bawa kantong plastik, karena daripada berjubel saat ambil alas kaki di tempat penitipan (kalau memang ada)

Btw, aku baru tau, kalau di Masjid Al Jabbar punya sistem buka tutup. Jadi untuk area sholat di dalam hanya dibuka saat masuk sholat lima waktu saja, selebihnya ditutup. Namun masih bisa mengunjungi galeri Nabi Muhammad di bagian bawah, dan sayang sekali kami nggak kesana :') . Karena panassssssssss banget, dan lapar maksimal :'( wkwkw.





InsyaAllah, semoga next time bisa kesana lagi. Aamiin


Hari Keenam

This is the real last day. Huhu makin berat di hari terakhir disini. Masih pengin liburan, masih pengin merasakan hawa dingin di Bandung dan yang lain lain lagi. Di hari terakhir ini, aku gunakan untuk belanja oleh-oleh, sekaligus aku request ke suami pengin jalan-jalan ke Gedung Sate.

Oleh-oleh wajib Bandung rasanya the one and only Bolen Kartika Sari ngga sih ? wkwk. Tapi ini juga pertama kalinya aku beli Bolen Kartika Sari. Eh tenyata enak bgt dan MAHAL. gapapaaa hei, sesuai lah antara harga dan rasa. Kami beli di Outlet Dago, jadi sekalian ngadem dan aku juga pengin liat jalan Dago tuh seperti apa. Jiwa kepoku sangat tinggi, jadi sekadar jalan aja juga pengin disamperin hehe.


Selain ke Dago, kami juga mampir ke Pasar Baru. Disana juga banyak penjual oleh-oleh. Rekomendasi dari aku wajib banget beli basreng, moring, dan kerupuk batagor. Itu top 3 jajanan yang aku beli kemarin. Semua juga bilang basrengnya enak banget. Beda sama yang dijual di Sidoarjo. jelas lah wkwkw. Jujur kurang banget kemaren beli, tapi bingung juga bawa nya karna kami kan naik motor :D .

Sebelum pulang, kami mampir ke Gedung Sate. Mau ketemu Pak Ridwan Kamil wkwkw. Tapi orangnya nggak ada :'), jadi foto sama standee nya aja. 




Malam harinya kami menghabiskan waktu di Lengkong Street Food, mayoritas banyak grill / suki dan steak sih. Awas bingung kalau kesini karna banyak jajanan enak enak. 




Cipak Koceak
(akhirnya nggak penasaran lagi wkwk)

Cimin


Pulanggggggg

 Akhirnya hari itu tiba. Kami pulang ke Sidoarjo huhu. Sedihnya berasa banget. Hari itu bertepatan di hari Minggu, kami berangkat pukul 6 pagi lalu sampai di Yogyakarta dan beristirahat di rest area pukul 11 malam. Melanjutkan perjalanan di hari Senin pukul 4 pagi, dan sampai Sidoarjo pukul 12 siang. Perjalanan yang lebih cepat dari keberangkatan sebelumnya. Dan tetap melelahkan.


Sekian cerita pengalamanku ke Bandung dan sekitar Jawa Barat. Semoga lain waktu bisa kembali kesana lagi, dan harus kesana lagi sih karna masih pengin explore tempat wisata dan kulineran juga.

Terimakasih buat kalian yang sudah baca sampai selesai yaa <3

0 Comment:

Posting Komentar

thank you for your comment and reading this post :)