Writing is how I express what I see, what I do, what I read and what I feel.

11.5.23

#SelfExperience : Riding to Paris Van Java (Day 1 + 2)

11.5.23 Posted by Agnes Devita , , , No comments
Syukurlah masih inget kalau punya Blog. Terakhir postingan tahun lalu, berasa ngepost setahun sekali udah kayak lebaran HAHA.

Btw, mau bagi pengalaman pribadi lagi. Terakhir liburan jauh ke Jogja, itupun udah 4-5 tahun yang lalu :'( udah lama banget ya. Nah baru banget aku liburan sekaligus mudik ke Bandung, naik motor. YES! NAIK MOTOR. Jangan ditanya butuh berapa jam, tapi butuh berapa hari WKWKWK.

Total perjalanan dari Sidoarjo ke Bandung sebenarnya "normalnya" menurutku 17-20 jam, itu sudah terpotong ishoma, dan melihat kondisi jalan juga, macet atau tidak nya. Namun beda cerita saat aku mudik kemarin, aku butuh waktu 2 hari untuk perjalanan. Rasanya pengin nangis, dan memang nangissss beneran di tengah perjalanan karna nggak kuatttt. Kalau diingat-ingat lagi, ngakak banget karena sok-sok-an nantangin ke Bandung naik motor, al-hasil pas balik ke Sidoarjo, runtuh semua pertahanan badan ini hahahaha.

Hari pertama di Jawa Barat

Sebelum sampai Bandung, aku bersama suami (jiakh suami, iya gengs aku dah married xD) mampir dulu ke Pangandaran. Padahal belum sampai rumah Bandung, bisa bisanya belok ke Pangandaran. To be honest, sebenernya niat ke Pangandaran itu besoknya saat sudah sampai rumah. Ternyata rencana berganti dan akhirnya kami ke Pangandaran dulu. HTM ke area Pantai Pangandaran 20.000.

Sebenernya sampai Pangandaran kurang lebih pukul 3 sore, namun karna kami berdua harus menginap dan nggak tau mau menginap dimana, akhirnya kami cari-cari dulu penginapan sekitar. Tapi tenang aja, di area Pantai Pangandaran, banyak banget jasa yang menawarkan penginapan-penginapan, biasanya mereka mengenakan rompi warna krem, dan mereka ramah juga. Untuk wisatawan yang clueless seperti kami, pakai jasa mereka sangat membantu. Kemarin kami berdua dapat penginapan yang cukup murah, 250.000/malam. Fasilitas juga komplit, but non AC. Nama penginapannya Pondok Rahayu,  alamatnya di Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat, bisa cek di Google Maps. Ada 2 tingkat, dan cukup dekat dengan Pantai Pangandaran. Singkatnya kami sampai penginapan pukul 5 sore, dan jalan jalan sekitar pantai waktu malam hari.

Pantai Barat Pangandaran

Hari kedua di Jawa Barat

Tepatnya masih di Pantai Pangandaran, niat hati pengin lihat sunrise di Pantai Timur Pangandaran ternyata kami kesiangan. Tapi lumayan dapet view begini. Rameeee pol.

Pantai Timur Pangandaran

Karena kemarin belum sempat main-main di Pantai Barat, akhirnya sekalian kami "mampir" kesana hihi. Dua kali lipat lebih rame daripada di Pantai Timur.

Kami berdua punya ide untuk menelusuri pantai lain, karena jam checkout masih pukul 12 siang. Akhirnya kami ke Pantai Batu Hiu. Waktu tempuh dari Pantai Barat Pangandaran ke Pantai Batu Hiu kurang lebih 20 menit, tapi nggak kerasa lama karena kalian akan disuguhkan view pantai sepanjang perjalanan dan jalan jalan pedesaan, tenang aja medannya udah bagus. HTM ke Pantai Batu Hiu kalau nggak salah 20.000 juga. View Pantai Batu Hiu dari atas asli cakep banget. Ada stand-stand makanan dan cinderamata juga, bisa buat piknik keluarga.

Pantai Batu Hiu

Setelah dari Pantai Batu Hiu, kami kembali ke penginapan untuk persiapan checkout. Dan perjalanan kami dimulai (LAGI). Dan lagi-lagi, kami tidak langsung pulang ke rumah, melainkan mampir ke Garut. Dimana yang sebenarnya itu jalur yang jauh kalau harus ke Bandung, karena kami pengin menghindari jalur macet dan sekaligus pergi ke pantai yang ada di Garut. Dari Pangandaran kurang lebih pukul 12.30, kami menuju Pantai Cijeruk Indah, Garut. Yang tidak disangka pun sampai disana sangat sore, yaitu pukul 5 sore.

Sangat lebih tidak disangka lagi saat sampai sana, kami kaget karena pantainya kondisi surut :'( . Namun ternyata, kami direkomendasikan untuk menyebrang menggunakan perahu untuk bisa ke Pantai Cijeruk Indah. Nyebrang deh kami akhirnya, agak takut juga karena ini pertama kalinya kami nyebrang pakai perahu bersama motor wkwk.

Ketika sudah sampai Pantai Cijeruk Indah, kesan pertama yang bisa aku kasih adalah TENANG. Asli tenang banget pantainya, nggak ramai, nggak banyak sampah juga, bisa buat camping.
Btw, HTM ke Pantai Cijeruk Indah 5.000 saja. Untuk biaya sekali penyebrangan 15.000/motor, jadi total 30.000 (bolak balik).

Pantai Cijeruk Indah, Garut

Setelah dari Garut  barulah kami bergegas ke Bandung. Dan kalian tau ? Kami sampai pukul 12 malam. Cuacanya dingin (bener bener definisi dingin banget) , kebetulan sempat hujan agak lama, medannya naik turun gunung, ada yang medannya terjal juga, dan sempat macet lama di Nagreg karena diberlakukan one way. Wahhhhh rasanya sungguh sulit dideskripsikan. Lega, capek, rontok badan jadi satu. Sampai Bandung, kami nggak langsung istirahat, melainkan beli seblak wkwk. Jujur laper maksimal, sebab di tengah perjalanan pun aku sempat ambruk gara gara nggak kuat dingin dan tulang pengin copot hahaha.

Sekian dulu ceritanya yaaa, perjalanan belum berakhir, bahkan baru akan dimulai saat sampai Bandung.
To be continue for day 3 dan seterusnya....

Note : Perjalanan hari pertama kami sebenarnya adalah hari kedua kalau dihitung sejak berangkat dari Sidoarjo, supaya lebih ringkas jadi aku pakai patokan saat sudah masuk di Jawa Baratnya. Hari pertama start pukul 7 pagi dari Kebumen, Jawa Tengah ke Pangandaran, Jawa Barat pukul 3 sore, berarti 8 jam. Kemudian hari kedua start dari Pangandaran ke Bandung, 11 jam lebih.
Total perjalanan 19 jam. LAMA BANGET KAN!!! IYA EMANG!!